Cara Mendapatkan dan Mengetahui API key

Written by Immersion of Smandakra 0 komentar Posted in:

API key (Application Programming Interface key) adalah kode digit yang dikeluarkan oleh setiap situs. Fungsinya adalah untuk mengakses layanan dari situs tersebut. Kenapa tiba-tiba saya membahas masalah ini? itu disebabkan ada rekan saya sesama pengguna Android yang masih newbie kesulitan menggunakan aplikasi FB Freaky Updater yang saya posting beberapa waktu lalu. Katanya, ketika judulnya sudah diganti "via Neraka Jahanam" kenapa kok masih "via Android"? gitu katanya. Lha yang diganti cuma judulnya, tapi API key tetap, jelas saja hasilnya gak berubah.

Nah, daripada saya kasih tau langsung, ada baiknya saya posting sekalian disini supaya rekan-rekan lainnya juga bisa mengetahui cara mendapatkan Kode API tersebut. Jadi manfaatnya bisa langsung dirasakan secara luas (bijaksana, mode: on). Tanda kutip ya, ini khusus bagi yang newbie. Buat para mastah yang sudah jago pasti cuma nyengir aja lihat postingan ini. Tapi gak papa kok, barangkali artikel ini bisa direkomendasikan ke rekan jika memang males jelaskannya. hehehe...

Oke, Langsung saja ke TeKaPe!


1. Langkah pertama adalah masuk ke Facebook Developers, Bingung? klik saja disini. setelah itu akan tampak tampilan seperti dibawah ini.


2. Klik "Apps" yang saya lingkari merah diatas, sehingga muncul tampilan berikutnya;


3. Setelah muncul seperti tampilan diatas, klik "Create New App" atau "Buat App Baru". tampilan berikutnya adalah:


4. Nah, setelah muncul dialog seperti gambar diatas, silahkan diisi saja. Kolom pertama (App Display Name) itu agar muncul nama "via"-nya. Disitu saya tulis "Androidnya Justin Bieber". jangan lupa dicentang kotak kecil "I agree....... bla bla bla" itu. setelah itu klik "Continue" dan akan muncul dialog lagi perintah memasukkan kode chaptcha. setelah itu muncul tampilan berikutnya;


5. Secara prinsip, aplikasi yang kita buat sudah selesai. Lihat kode angka yang saya lingkari Merah, itulah API key atau App ID dari "via Androidnya Justin Bieber". Nah, apabila ingin menambahkan icon, klik saja (edit icon) yang saya lingkari warna kining, upload gambar apa saja sesuai selera.

Baiklah, demikian step-step untuk mengetahui API key dari aplikasi Facebook, semoga bermanfaat dunia akhirat.

Berikut adalah API key yang pernah saya buat sendiri, bisa langsung di copy-paste dan digunakan.
1. via Microsoft Office Word  --------------- 141639175939243
2. via Android Gingerbread 2.3.4  -------- 204074939668153
3. via Android Honeycomb 3.0 ------------ 248493725205576
4. via Android Ice Cream Sandwich 4.0 -- 261098833937698
5. via Firefox for Android ------------------- 201081229970544
6. via Nokia 3310 ----------------------------- 250644308323599
7. via FCBarcelona Fans Page ----------- 267473846637902

Saya rasa rekan-rekan pasti lebih kreatif dan bisa berkreasi dengan idenya masing-masing, selamat berkreasi...

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...